Suka Anggur? Pergi Aja ke Lembah Khao Yai

Negara Thailand selain indentik dengan hutan, perjudian, dan gajah juga identik dengan kaum hawa yang cantik dan wisata belanja. Tidak hanya itu, Negeri Gajah Putih ini pun memiliki wisata kebun anggur segar yang boleh dikunjungi. Suburnya tanah di kawasan Khao Yai membangun daerah yang jaraknya 150 km dari Bangkok, Thailand tersebut dengan mudah ditanami bermacam-macam jenis buah-buahan. Tourism Authority of Thailand mengantar kami yang sedang berwisata disana dan beberapa media dari Indonesia, menuju kebun anggur PB Valley di Khao Yai yang dipercaya terbesar di Asia Tenggara dan masuk ke dalam rekor saat 6 Desember 2016.

Perkebunan yang dibangun Piya Bhirombhakdi ini ditanami beberapa varietas anggur merah semacam Shiraz, Cabernet Sauvignon, Tempranillo, dan anggur putih diantaranya adalah Chenin Blanc and Colombard. Sudah mau 80 hektar luasnya dari perkebunan dengan luas 320 hektar itu diproyeksikan buat tanaman anggur. Traveler yang mau mengelilingi kebun anggur segar ini bisa bayar 300 bath (atau Rp 150 ribu) tuk dewasa lalu 250 bath (atau Rp 120 ribu) buat anak-anak. Pengunjung bakal dibawa memutari kebun PB Valley memakai kereta ditarik traktor. Rombongan kami yang ikut dipandu oleh Heribert Gaksch, Business Development Manager PB Valley. Kami diperbolehkan berfoto sepuasnya dibawah pohon anggur. Tetapi ada syaratnya, tidak satupun buah anggur bisa dipetik. “Salah petik dapat merusak bahkan mengundang datangnya hama,” ujar Heribert. Akhirnya laki-laki asal Jerman itu sendiri yang memetkkan setangkai anggur ungu dari jenis Shiraz tuk dicicipi. Walaupun belum matang sempurna, rasanya memanglah sangat manis. Kebun anggur yang kami datangi dipanen akhir Januari 2017 kemarin ini.

Setelah puas memutari kebun. Tur diteruskan ke pabrik produksi minuman anggur (wine) yang dibangun diatas lahan 3000 meter2. Tergolong ke ruang penyimpanan hingga puluhan tong wine yang siap tuk dimasukkan botol. “Tong-tong yang terbuat dari kayu oak ini spesial didatangkan dari Prancis,” ungkap Heribert. Ingin mencoba rasa wine buatan PB Valley, ada 3 varian yang disediakan. PB Khao Yai Rose, PB Khao Yai Reserve Chenin Blanc, dan PB Khao Yai Reserve Shiraz. Bagaimanakah dengan anak-anak dan dewasa yang tak minum alkohol? Tidak perlu khawatir, PB Valley memberikan jus anggur dari varietas Shiraz yang segar. Tur kebun anggur dioperasionalkan 5 kali sehari. Mulai jam 9 pagi, terakhir 15.30. Pengunjung bisa mensukseskan tur dengan durasi 75 menit.

Leave a Reply

Your email address will not be published.